SISTEM
INFORMASI AKUNTANSI
TINJAUAN MENYELURUH PROSES BISNIS DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Dosen Pembimbing:
Irvan Yoga Pradistya, SE.,MM,AK
Di Susun Oleh
CICI WULANDARI (1541173404029)
FAKULTAS EKONOMI DAN
BISNIS
UNIVERSITAS
SINGAPERBANGSA KARAWANG
S1- AKUNTANSI
2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan
hidayahNya,sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah Sistem Informasi
Akuntansi yang berjudul “Tinjauan
Menyeluruh Proses Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen ” dan menjadi salah
satu tugas dari mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi ini dengan baik dan lancar. Dan juga saya berterimakasih
kepada Bapak Irvan Yoga Pradistya,SE.,MM,AK
selaku dosen matakuliah Sistem Informasi Akuntansi ysng telah memberikan
tugas ini kepada saya.
Saya
sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat menambah wawasan serta pengetahuan
saya mengenai tinjauan Menyeluruh Psoses Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.
Karawang, September 2016
Penyusun
DAFTAR
ISI
Kata
pengantar
Daftar
Isi
Bab I
Pendahuluan
1.1
Latar
Belakang
1.2
Rumusan Masalah
1.3
Tujuan
Bab II
Pembahasan
2.1 Kegiatan Bisnis dan Kebutuhan Ekonomi
2.2 Pemrosesan Transaksi Dokumen dan Prosedur
Siklus Data
Input Data
Pemrosesan data
Penyajian Data
Output Data
2.3 Menyediakan Informasi Utuk
Pengambilan Keputusan
Laporan Manajerial
Laporan Anggaran dan Kinerja
Implikasi Perilaku dan Laporan
Manajerial
2.4 Pertimbangan-pertimbangan
Pengendalian Internal
Tiga
Fungsi Sistem Informasi Akuntansi
Dokumen yang Memadai
2.5 Sistem Informasi Manajemen
2.6
SIM meliputi
Bab III Penutup
3.1
Kesimpulan
Daftar pustaka
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
SIA memainkan tiga hal penting dalam
organisasi;, yaitu (1) mengumpulkan dan
menyimpan data tentang aktivitas bisnis organisasi, (2) memproses data untuk
menyediakan informasi yang berguna bagi para manajer untuk mengambil keputusan
, (3) melibatkan prosedur pengendalian internal yang memadai untuk memastikan
keandalan informasi yang dihasilkan untuk menjaga aset-aset organisasi. Memilih
paket software akuntansi yang tepat
merupakan hal yang mendasar untuk dapat memenuhi kedua fungsi pertama.
Definisi Sistem
Informasi Manajemen adalah kumpulan dari manusia dan sumber daya modal yang
bertanggungung jawab mengumpulkan dan mengolah data menjadi sebuah informasi.
Dengan demikian, SIM merupakan
serangkaian sistem untuk meninjau secara menyeluruh proses bisnis perusahaan.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas yang
menjadi rumusan masalah adalah:
1. Apa yang menjadi hal penting dalam peranan SIA?
2. Bagaimana dan peranan apasaja yang dilakukan menejemen ?
3. Ada berapa ruang
lingkup SIM dalam SIA ?
1.3
Tujuan
Makalah ini dibuat untuk memenuhu
tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi, untuk
mengetahui Sistem Informasi Manajemen dan serangkaian nya serta tugas-tugasnya
secara efisien.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 KEGIATAN BISNIS DAN KEBUTUHAN EKONOMI
Ashton
memutuskan bahwa sebelum membeli paket akuntansi untuk s&s, pertama tama
harus memahami bagaimana perusahaan itu berfungsi .Hal tersebut akan membuat
dia mampu mengidentifikasi jenis informasi yang dibutuhkan oleh Scoot dan Susan
untuk mengelola S&S secara efektif.
Ashton
membuat tabel tiga kolom untuk mr\eringkas hasil-hasil analisisnya. Di kolom
sebelah kiri, dia mendaftar kegiatan bisnis dasar S&S, Di kolom kegiatan
tengah , dia mendaftar keputusan utama yang perlu di lakukan untuk setiap
kegiatan tersebut, di kolom sebelah kanan , dia mendaftar informasi yang
berguna bagi Shoot dan Susan untuk
membuat keputusan tersebut.
Ashton
menyadari bahwa daftar yang di buatnya belum lengkap, tetapi dia Merasa puas
karna daftar tersebutmemberikan gambaran
umum mengenai S&S. Dia juga
menyadari bahwa tidak semua kebutuhan informsi yang terdapat pada kolom sebelah
kanan akan dihasilkan secara inernal oleh SIA Dn S&S.
Selanjutnya,
Ashton memutuskan untuk mengatur ulang kegiatan bisnis yang terdapat dalam
tabel 2-1 menjadi kelompok transaksi yang saling berhubungan. Dari pengalamn
mengaudit ;Ashton tahu bahwa banyak kegiatan bisnis organisasi yang dapat
dideskripsikan sebagai pasangan kegiatan (events) yang mencakup pertukaran
memberi-menerima
(give-get).
Gambar
2-1 menunjukan bagaimana berbagai siklus transaksi ini saling berhubungan
denagn bertalian dengan buku besar dan
sistem pelaporan , yang digunakan untuk menghasilkan informasi bagi
manajemen dan pihak-pihak eksteranl.
2.2 PEMROSESAN
TRANSAKSI : DOKUMEN DAN PROSEDUR
Siklus pemrosesan data (data
processing cycle) terdiri dari empat langkah, yaitu; input data, penyajian
data, pemrosesan data, output informasi.
Input Data
Dahulu ,perusahaan kebanyakan menggunakan dokumen sumber
untuk mengumpulkan data awal tentang aktivitas bisnis, dan kemudian
memindahkannya data tersebut ke komputer. Akan tetapi, sekarang sebagian besar
data tentang aktivitas bisnis langsung dicatat oleh komputermelalui tampilan
untuk entry data .
Pemrosesan
Data
Saat datang tentang aktivitas bisnis sudah di kumpulkan ,
langkah selanjutnya biasanya melibatkan proses pembaruan (updating) informsi
yang sudah disimpan sebelumnya, tentang sumberdaya yang akan di pengaruhi oleh
kegiatan tersebut dan para pelaku yang terlibat didalam aktivits tersebut.
Penyajian
Data
Sebagian besar buku teks dan file perusahaan di atur agar
bisa ditelusuri kembali dengan mudah . Entitas adalah suatu yang di simpan
informasinya. Komputer menyimpan data dengan cara mengaturnya dalam bentuk dari
unit-unit yg lebih kecil menjadi unit-unit yang lebih besar, dan lebigh
bermakna.
Output
Informasi
Hasil informasi yang dihasilkan. Dan dapat di pertanggung
jawabkan.
2.3 MENYEDIAKAN
INFORMASI UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Fungsi kedua SIA menyediakan
informasi yang berguna untuk mengambil keputusan bagi menejemen. Walaupun
informasi yang disediakan dalam bentuk laporan tercetak atau dalam tampilan
komputer, informasi yang disediakan SIA terbagi dalam dua kategori, yaitu; laporan
keuangan dan laporan manajerial
Laporan
Manajerial
SIA suatu organisasi harus
dapat menyediakanninformasi oprasional terinci tentang kinerja organisasi. Baik
ukuran keuangan tradisional maupun data oprasional seringkali dibutuhkan untuk
melakukan evaluasi kinerja dengan tepat dan lengkap.
Laporan
Aggaran dan Kinerja
Laporan anggaran dan kinerja anggaran adalah ungkapan
formal dalam istilah keuangan. Salah satu jenis yang paling umum dan penting
dari anggaran adalah anggaran kas. Anggaran kan memperlihatkan perkiraan arus
masuk dan arus keluar kas .
Implikasi
Perilaku dari Laporan Menejerial
Berdasarkan pepatah lama, pngukuran mempengaruhi
perilaku. Jika diterapkan dalam bisnis , hal ini berarti karyawan cenderung
untuk memusatkan usaha mereka terutama pada tugas-tugas yang di ukur dan di
evaluasi. Hal ini berarti baik atau buruk, tergantung pada sifat dasar hubungan
antara perilaku yang diukur dengan tujuan umum perusahaan. Anggaran serig kali
dapat menimbukan perilaku disfungsional. Hal penting yang harus di ingat adalah
SIA tidak secara “netral”melaporkan kinerja karyawan.
2.4 PERTIMBANGAN-PERTIMBANGAN
PENENDALIAN INTERN
Fungsi ketiga sia adalah menyediakan
pengendalian intern yang memadai untuk mencapai tiga tujuan dasar berikut ;
1.
Menganalisis
bahwa informasi yang dihasilkan oleh sistem dapat diandalkan
2.
Memasrtikan
bahwa aktivitas bisnis dilaksanakan dengan efisien sesuai dengan tujuan
manajemen, serta tidak melanggar kebijakan pemerintah yang berlaku.
3.
Menjaga
aset-aset organisasi, termasuk data.
Dokumentasi
yang Memadai
Dokumentasi yang memadai atass semua transaksi bisnis
adalah kunci akuntabilitas. Dokumentasi memungnkan para menejer memverifikasi
bahwa tanggung jawab yang diberikan telah dilakukan dengan benar.
Dokumen yang dicatat dengan baik dapat membantu
organisasi untuk secara cepat mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul.
Dokumen dengan catatan yang memadai juga dapat memastikan bahwa organisasi
dapat menjaga komitmennya.
Pemisahan
Tugas
Pemisahan Tugas berkenan
dengan pembagian tanggung jawab kepada beberapa pegawai atas bagian-bagian dari
sebuah transaksi. Tujuannya adalah mencegah seorang pegawai memiliki
pengendalian penuh atas seluruh aspek transaksi bisnis.
Pemisahaan tugas penting terutama
dalam aktivitas bisnis yang melibaatkan penerimaan atau pengeluaran uang kas,
karna kas dapat dengan mudah dicuri.
2.5 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Definisi Sistem
Informasi Manajemen adalah kumpulan dari manusia dan sumber daya modal yang
bertanggungung jawab mengumpulkan dan mengolah data menjadi sebuah informasi.
Dengan demikian, SIM merupakan
serangkaian sistem untuk meninjau secara menyeluruh proses bisnis perusahaan.
Sistem Informasi Manajemen
Meliputi;
1.
Sstem Informasi Akuntansi
2.
Sistem Informasi Pemasaran
3.
Sistem Informasi Pembelian
4.
Sistem Informasi Manajemen Persediaan
5.
Sistem Informasi Distribusi
6.
Sistem Informasi Tknik
7.
Sistem Informasi Personalia
8.
Sistem Informasi Kekayaan
9.
Sistem Informasi Kredit
10. Sistem
Informasi Penelitian dan Pengembangan
1.Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi mengolah nilai uang dalam
perusahaan, menyajikan informasi transaksi keuangan.
2. Sistem Informasi Pemasaran
Sistem Informasi Pemasaran menyajikan informasi yang
berhubungan dengan penjualan ,aktivitas pemasaran, riset pemasaran dan kegiatan
yang berhubungan dengan agenda pemasaran lainnya. Yang dicatat 1. Total
penjualan 2. Biaya promosi
3.Sistem
Informasi Pembelian
Sistem Informasi Pembelian yang terkait adalah pembelian bahan baku yang
dicatat adalah 1. Total barang 2. Harga
3. Ongkos transpor
4 Sistem
Informasi Manajemen Persediaan
Sistem Informasi Manajemen Persediaan yang dicatat adalah
1. Hpp 2. Persediaan barang dagang yang
berada di aset tetap.
5 Sistem Informasi Distribusi
Sistem
Informasi Distribusi yang di atur 1. biaya
kirim 2. Jenis modal/angkutan modal 3.lokasi tujuan
6. Sistem Informasi Teknik
Sistem
Informasi Teknik yang di catat dalam 1.
Biaya pemeliharaan 2. Biaya lain-lain.
7. Sistem Informasi
Personalia
Sistem Informasi Personalia tugasnya
mencatat 1. gaji karyawan dan
2.tunjangan karyawan.
8. Sistem Informasi
Kekayaan
Dalam suatu perusahaan pasti memiliki
kekayaan, Sistem Informasi Kekayaan
yang di atur adalah pengelolahan aset
perusahaan, dan saham yang ada d mana saja.
9. Sistem Informasi Analisa Kredit
Sistem
Analisa Kredit suatu proses analisa kredit dengan menggunakan
pendekatan-pendekatan rasio-rasio keuangan untuk menentukan kebutuhan kredit
yang wajar yang dicatat adalah jumlah
piutang
10.Sistem Informasi Penelitian
dan Pengembangan
Sistem Informasi Penelitian dan
Pengembangan memiliki kepentingan
komersial dalam kaitannya dengan riset ilmiah murni dan pengembangan aplikatif
dibidang teknologi. Yang dicatat adalah 1. Biaya penelitian 2. Total pengeluaran
penelitian
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
SIA memainkan tiga hal penting dalam
organisasi;, yaitu (1) mengumpulkan dan
menyimpan data tentang aktivitas bisnis organisasi, (2) memproses data untuk
menyediakan informasi yang berguna bagi para manajer untuk mengambil keputusan
, (3) melibatkan prosedur pengendalian internal yang memadai untuk memastikan
keandalan informasi yang dihasilkan untuk menjaga aset-aset organisasi. Memilih
paket software akuntansi yang tepat
merupakan hal yang mendasar untuk dapat memenuhi kedua fungsi pertama.
Daftar
Pustaka
Romney,Marshall B dan Paul John Steinbart.2006.Sistem Informasi
Akuntansi.Edisi ke-9.Jakarta: Salemba Empat
http;//setyaririnn.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar